Tips Mudah Agar Sariawan Cepat Sembuh

1. Obat kortikosteroid
Cara menyembuhkan sariawan yang pertama harus disadari penyebabnya. Pada umumnya, seseorang yang mengalami sariawan karena kekurangan folat atau vitamin B12.

Bicaralah dengan dokter tentang penyebab sering sariawan ini. Obat anti-inflamasi seperti kortikosteroid (termasuk prednisone) adalah cara mengobati sariawan yang paling efektif untuk sariawan, karena obat ini akan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

2. Obat kumur antimikroba
Cara menghilangkan sariawan yang mudah Anda lakukan adalah dengan obat kumur antimikroba. Obat kumur antimikroba membantu membunuh bakteri, virus atau jamur yang dapat menginfeksi sariawan sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Chlorhexidine glukonat adalah obat kumur yang dipercaya sebagai cara mengobati sariawan yang paling sering diresepkan, meskipun ada pula yang berbentuk gel dan semprotan. Chlorhexidine glukonat biasanya digunakan dua kali sehari.

3. Kortikosteroid
Cara menghilangkan sariawan berikutnya menggunakan kortikosteroid. Ini adalah jenis obat yang berfungsi untuk mengurangi peradangan. Obat kortikosteroid dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sariawan dan membantu penyembuhan lebih cepat. Kortikosteroid tersedia dalam berbagai bentuk, seperti obat kumur, semprotan hingga dalam bentuk krim. Obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang.

4. Kumur dengan air garam
Cara nyembuhkan sariawan juga bisa menggunakan bnahan alami, seperti larutan garam, ini untuk membantu penyembuhan. Berkumur dengan larutan garam sebaiknya tidak menggunakan obat kumur lainnya.

5. Menjaga kebersihan gigi dengan sikat lembut
Menjaga kebersihan mulut dan berhati-hati saat menyikat gigi agar tidak merusak sariawan, ini adalah cara menghilangkan sariawan dengan cepat.

6. Minum suplemen vitamin B-12
Vitamin B-12 mendukung otak berfungsi normal, sistem syaraf dan memiliki bagian penting dalam produksi sel darah merah. Mengonsumsi vitamin B-12 menjadi cara menghilangkan sariawan dengan praktis dan cepat.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B-12 mengurangi jumlah rasa sakit dari sariawan dan jumlah benjolan putih di mulut yang dialami dalam sebulan.

7. Menggunakan lidah buaya
Cara mengobati sariawan secara alami dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung ke area sariawan dapat membantu meredakan iritasi, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan.

8. Kompres es
Cara mengatasi sariawan secara alami berikutnya dapat mengoleskan es batu yang sedang mencair ke area sariawan. Cara ini bisa menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, karena dingin akan mematikan rasa perih. Perlu diperhatikan! Es batu seharusnya tidak langsung diaplikasikan ke area sariawan tanpa melelehkan permukaannya sedikit terlebih dulu.

9. Bilas dengan minyak cengkeh
Minyak cengkeh telah digunakan secara topikal (obat luar) untuk menghilangkan rasa sakit. Seseorang dapat menggunakan minyak cengkeh sebagai obat dengan membilas mulut terlebih dahulu dengan larutan garam atau obat kumur, kemudian mengaplikasikan kapas yang sudah direndam dalam minyak cengkeh ke area sariawan untuk menghilangkan rasa sakit.

10. Minum teh Chamomile dengan madu
Chamomile dan madu telah digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya sebagai cara mengobati sariawan dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Madu mungkin memiliki sifat antiseptik dan dapat diaplikasikan langsung ke sariawan. Madu juga bisa dikombinasikan dengan teh chamomile, yang harus didinginkan sebelum diminum.

10:23 PM - tanpa komentar