9 Jalan Untuk Menambah Nutrisi Yang Penting Bagi Gizi Tubuh

Memiliki tubuh yang sehat ialah harapan seluruh orang sebab ketika sakit, semua kegiatan akan terganggu. Ditambah lagi ada duit yang harus dikeluarkan guna berobat ke dokter.

Untuk menemukan tubuh yang sehat, Anda mesti mencicipi makanan sarat gizi dan nutrisi sebab makanan dapat memberikan daya tahan tubuh guna menghalau seluruh penyakit-penyakit yang menyerang.

Kemarin, tepatnya tanggal 25 Januari 2019 yang adalah Hari Gizi dan Nutrisi Nasional ke-59, sebagai masyarakat Indonesia, anda harus merayakannya dengan teknik memulai hidup yang lebih sehat.

Dilihat dari data-data yang terdapat pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, negara kita tergolong dalam jajaran negara dengan masalah gizi buruk yang lumayan tinggi.

Tak heran bila rumah sakit-rumah sakit yang terdapat di Indonesia selalu sarat setiap harinya sebab ada tidak sedikit pasien yang berdatangan.

Padahal, Indonesia adalahnegara agraris dan negara kepulauan yang mempunyai sumber makanan melimpah, baik tersebut sayuran, ikan, buah, dan beda sebagainya.

Ini disebabkan masyarakat kita tidak cukup aware dengan pentingnya asupan makanan yang mereka santap sebab makan tidak saja asal kenyang saja, tapi pun harus memenuhi keperluan dalam tubuh.

Cara Memenuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi dalam Tubuh
Supaya tubuh dapat mendapat asupan gizi dan nutrisi yang cukup, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan. Dikutip dari TunaiKita, inilah uraiannya:

1. Mengonsumsi 4 Sehat 5 Sempurna

Saat masih kecil, saya dan anda selalu diingatkan bila harus selalu mencicipi makanan empat sehat lima sempurna. Tapi saat dewasa, pola santap empat sehat lima sempurna seolah terlupakan begitu saja.

Padahal, pola santap yang digalakkan semenjak tahun 1955 ini sengaja dibuat supaya masyarakat Indonesia dapat memahami pola santap yang benar.

Pola santap empat sehat lima sempurna ini mencakup lima unsur, yaitu karbohirdat sebagai makanan pokok, lauk pauk sebagai asupan protein, sayur-mayur sebagai asupan serat, buah-buahan sebagai asupan vitamin, dan susu yang dapat melengkapi gizi dan nutrisi ke empatnya.

Setelah hari gizi dan nutrisi ini, Anda mesti tidak jarang kali meyakinkan asupan empat sehat lima sempurna itu ada pada santapan makananmu, ya!

2. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi

Kita tidak jarang kali memandang bila makan sehat tersebut pasti mahal harganya. Jangan dulu mempunyai pemikiran laksana itu! Ada tidak sedikit makanan kaya bakal nutrisi yang dapat diambil.

Coba anda ambil contoh, andai tidak memiliki ongkos untuk santap daging sapi, dapat diganti dengan daging ayam atau ikan yang harganya lebih murah untuk dapat memenuhi protein hewani. Jika masih merasa keberatan juga, masih terdapat protein nabati laksana tahu dan tempe yang tak kalah kandungan nutrisinya.

Begitu pun dengan buah-buahan. Tidak butuh buah mahal laksana apel dan pir sebab kamu dapat menggantinya dengan pisang atau pepaya yang harganya lebih murah. Ingat, Indonesia ini mempunyai hasil alam yang melimpah.

3. Tambahkan Asupan Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Makan empat sehat lima sempurna sudah, namun Anda pun perlu menambahkan asupan lain, laksana biji-bijian dan kacang-kacangan.

Biji-bijian dan kacang-kacangan ini dapat dijadikan sebagai camilan sehat pengganti camilan keripik atau snack yang dapat dimakan.

Biji-bijian yang dianjurkan untuk dikonsumsi ialah biji labu, biji wijen, biji chia, serta biji bunga matahari. Sedangkan guna jenis kacang-kacangannya, kamu dapat menyantap kacang almond, kacang kenari, kacang walnut, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, sampai kacang edamame.

4. Makan dalam Porsi yang Sesuai

Seperti yang sudah disebutkan di sebelumnya, masyarakat Indonesia ingin makan dengan pola tidak sedikit menyantap nasi, sedangkan lauk pauk dan sayurannya paling sedikit.

Ibaratnya, asalkan perut kenyang, hatipun senang. Memang hatimu senang, namun tubuhmu tidak bakal senang sebab porsi makanan yang dicicipi tidak cocok dengan apa yang diperlukan oleh tubuh.

Bagusnya, dalam satu piring sajian makan, anda paling tidak mesti mempunyai perbandingan 1:1:1 antara nasi, lauk-pauk, dan sayur. Dengan begitu porsi nasi tidak akan terlampau banyak.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Meski tampak remeh dan tidak jarang tidak terlampau dipedulikan, namun minum air putih yang lumayan sangatlah diwajibkan supaya tubuh dapat menyerap dengan baik asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang telah anda santap.

Baiknya air putih diminum pada ketika bangun tidur, setelah santap sekitar 5-10 menit, dan pun sebelum tidur. Minumlah air putih minimal delapan gelas perhari supaya air dapat mengedarkan gizi dan nutrisi dengan baik ke semua tubuh.

Minum minuman berwarna, laksana jus buah boleh-boleh saja, tapi tidak boleh sampai anda melupakan minum air putih delapan gelas sehari!

6. Makan Tiga Kali Sehari

Tubuh yang sehat dapat diperoleh dari pola santap yang benar, yakni santap tiga kali sehari cocok dengan jamnya. Makan tiga kali sehari ini ialah makan makanan berat, ya!

Makan tiga kali sendiri ini meliputi santap pagi antara pukul 06.00-08.00, santap siang antara pukul 12.00-14.00, dan santap malam antara pukul 18.00 sampai 20.00.

Biasanya anda kerap kali melewatkan sarapan pagi sebab tidak sempat atau terburu-buru beraktivitas. Dengan mengawali hari dengan sarapan, maka tubuh bakal mendapat asupan untuk mengawali hari dengan baik. Ditambah lagi, Anda pun akan terhindar dari mencicipi camilan yang tidak sehat sebab lapar sebelum santap siang. Berat badan pun menjadi lebih terkontrol andai kamu menerapkan santap tiga kali sehari ini.

7. Batasi Konsumsi Makanan Manis, Asin, atau Berlemak

Hal yang satu ini tidak boleh sampai terlupakan. Meski sudah santap makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi, namun Anda tetap mesti memberi batas asupan konsumsi makanan yang manis, asin, atau berlemak supaya dapat menjaga berat badan ideal dan tubuh menjadi lebih sehat.

Terlalu sering mencicipi makanan yang manis, asin, atau berlemak terlampau sering dapat memicu terjadinya tidak sedikit penyakit dalam tubuh, mulai dari penyakit jantung, hipertensi, stroke, diabetes, sampai kelebihan berat badan.

Jika hendak menyantap makanan manis, asin, atau berlemak, tidak boleh terlalu tidak sedikit porsinya dan tidak boleh terlalu sering.

8. Buat Perubahan Menu Makan Secara Bertahap

Ketika telah nyaman dan nikmat dengan menu makanan kaya gizi dan nutrisi tertentu, anda kerap kali menyantapnya sekitar berhari-hari hingga bosan. Nah, urusan ini usahakan dihindari!

Usahakan untuk menciptakan menu makanan yang berubah-ubah masing-masing harinya sampai-sampai tubuh dapat mendapat asupan gizi dan nutrisi yang berbeda-beda.

Misalkan saja hari ini anda sudah mencicipi soto ayam yang kaya bakal protein hewani, maka kelak santaplah opor tahu yang mempunyai protein nabati.

Jika bingung mengubah-ubah menu masing-masing harinya, kamu dapat membuat jadwal santap selama seminggu sekali. Dengan begitu, anda tidak butuh pusing lagi memikirkan akan santap apa hari ini.

9. Jangan Lupakan Olahraga yang Rutin

Anda mesti mengawali untuk menyimak dan mengawal asupan makanan yang masuk untuk menciptakan tubuh jadi lebih sehat. Tapi jangan melulu memperhatikan makanan yang dicicipi saja, kesehatan tubuh pun ditentukan dari rajin atau tidaknya kita berolahraga.

Dengan olahraga yang rutin, maka asupan makanan yang masuk dalam tubuh juga dapat dicerna dengan baik sebab tubuh mempunyai metabolisme yang baik.

Tak butuh olahraga yang berat dan mesti ngegym, kamu lumayan membiasakan diri lari pagi atau jongging masing-masing hari paling tidak separuh jam saja dengan keliling komplek di rumah. Jadi, mulai kini jaga asupan santap dan teratur berolahraga ya, Sobat!

4:48 PM - tanpa komentar