Apakah anda ingin lebih merangkul pasar dan memperkenalkan produk anda secara luas?
Maka anda perlu mempromosikan produk anda. Dalam hal ini anda bisa menggunakan cara yang paling murah yaitu dengan mempromosikannya kepada teman-teman dekat ataupun tetangga terlebih dahulu.
Pastikan pelanggan pertama Anda tersebut merasa puas dengan pelayanan dan produk anda. Jika mereka puas, maka secara otomatis mereka akan mempromosikan produk yang anda jual.
Selain itu anda juga bisa memasang iklan namun biaya memasang iklan mungkin cukup besar. Namun jika dilakukan dengan cara yang efektif, iklan tersebut bisa membuat brand anda semakin terkenal dan tentunya berdampak pada angka penjualan yang
semakin melonjak.
Selain hal diatas, anda pun juga bisa memanfaatkan beberapa moment
tertentu untuk menciptakan produk yang terkait dengan kejadian atau event tertentu agar dapat meningkatkan angka penjualan yang signifikan.
Dalam menjalankan bisnis dengan mengikui perkembangan zaman produk bisnis anda akan selalu dinanti-nantikan oleh para konsumen.
Dari itu pula ini ada 29 Ide Strategi Pemasaran baik Online maupun Offline.
1. Tentukan tempat yang akan digunakan sebagai kantor, usahakan yang strategis sehingga mudah di
jangkau dan bisa membantu dalam pemasaran serta promosi.
Sebelum membuka kantor, terlebih
dahulu kenali lingkungan di sekitar anda, lakukanlah survey untuk menentukan target market bisnis anda. Urus juga perizinan, paling tidak izin lingkungan akan keberadaan usaha ini.
2. Tentukan target pasar, target pasar harus diketahui terlebih dahulu, siapakah yang akan menjadi target pasar dari Bisnis, lalu buatlah strategi promosi yang tepat sasaran, lakukan promosi secara praktis dan efisien. Hal ini sangat membantu mengembangkan bisnis anda, promosi bisa dilakukan secara online maupun offline.
Jika online, tentunya bisa dengan mulai bergerilya di dunia maya, misalnya melalui jejaring social facebook, twitter, dan media periklanan lainya
Strategi promosi yang sering digunakan banyak orang dan gratis yang saat ini ramai dimanfaatkan para pelaku usaha, jejaring sosial tersebut untuk memperluas peluang pasar yang dapat anda targetkan.
Anda bisa membuat akun pribadi untuk bisnis anda dengan akun tersebut maka anda bisa menginformasikan segala kegiatan maupun produk baru yang ditawarkan pada bisnis anda
Pemasaran ini juga cukup efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis anda. Dengan menggunakan media sosial tersebut anda bisa mendapatkan lebih banyak konsumen dengan cepat.
Selain melalui jajaring sosial, beriklan di surat kabar lokal juga merupakan cara yang tepat untuk mempromosikan bisnis, apabila offline bisa juga dengan melakukan menyebarkan pamflet, kartu nama, brosur, dan sebagainya.
Anda juga perlu evaluasi efektifitas iklan yang anda pasang dan juga menguji efektifitas media online atau media internet dalam promosi bisnis anda.
3. Berilah Diskon, salah satu strategi penjualan yang bisa menarik minat
beli konsumen anda. Pastikan anda juga memberikan diskon kepada konsumen anda agar mereka semakin tertarik dengan produk yang anda jual
Anda bisa memberikan diskon harga pada hari-hari tertentu, misalnya saja diskon pada hari Sabtu dan Minggu. Selain itu anda juga bisa memberikan diskon pada jam-jam tertentu. ini termasuk strategi promosi yang tepat. Untuk itu jangan ragu untuk memberikan diskon kepada konsumen anda agar mereka mau berkunjung kembali di toko anda.
4. Jaga kualitas produk. Jika kualitas produk yang anda jual sangat baik, maka konsumen akan lebih memilih produk anda dibandingkan produk kompetitor. Dengan harga yang lebih murah namun harganya lebih terjangkau mereka tentunya akan memilih produk yang anda jual.
Untuk menjaga kualitas produk anda, anda bisa menerima setiap masukan dan kritik.
5. Promosi ke tempat sekitar anda. Jangan lupa untuk berpromosi secara langsung di sekitar tempat tinggal anda. Promosi ini bisa anda lakukan dengan cara menyebarkan brosur atau sticker, berikan kepada target penjualan anda.
Anda juga perlu evaluasi efektifitas penyebaran brosur Anda supaya menjadi promosi yang efektif untuk kelangsungan usaha anda.
6. Buatlah banner yang menarik, dengan membuat banner yang
bisa anda letakkan di depan tempat bisnis, di tempat-tempat yang
banyak dilalui orang. Cara ini bisa membuat orang yang membaca banner anda menjadi tertarik dan pada akhirnya datang ke tempat.anda.
Jangan lupa untuk menyantupkan alamat kontak dan nomor telepon sangat perlu supaya anda dapat dihubungi kapan saja sehingga pelanggan bisa memesan tanpa harus kerepotan atau merasa kesulitan untuk menghubungi anda
7. Berikan tawaran yang lebih untuk komsumen anda, buat penawaran yang unik dan berbeda dari kompetitor yang lain, cari ide dengan cara melihat permintaan calon pelanggan dan masyarakat.
8. Penetapan harga, harga yang bersaing memang tidak harus berarti murah, tapi jika anda belum yakin betul dengan ukuran kocek calon pelanggan
anda lebih baik tidak memasang harga jauh di atas harga kompetitor. Kecuali jika anda yakin bisa memberikan kompensasi lain kepada pelanggan, khusus jaminan atas kualitas produk dan layanan anda.
Sebagai pertimbangan anda, harga dasar produk harus dapat menutup biaya atas seluruh komponen produksi yang meliputi biaya tetap dan biaya tidak tetap. Selisih antara harga yang ditawarkan kepada pelanggan dengan harga dasar merupakan besaran laba yang diharapkan.
Sekalipun kelihatannya mudah, diperlukan keterampilan untuk menetapkan harga jual yang pas, agar bisa memberikan laba yang cukup tanpa membuat pelanggan mundur.
Tapi anda juga harus menghindari penetapan harga serendah-rendahnya dengan alasan ingin mendapatkan lebih banyak konsumen. Lonjakan penjualan dengan harga yang sangat rendah belum tentu dapat mendongkrak total laba, karena biaya untuk meningkatkan volume penjualan bisa lebih besar daripada penghematan biaya produksi.
Untuk menetapkan harga jual hal ini berhubungan dengan banyak hal
seperti harga atas produk serupa milik kompetitor, gencar tidaknya promosi yang dilancarkan kompetitor dan daya beli pelanggan Anda, dan sebagainya. Namun ada pendekatan sederhana, sekalipun ini tidak bisa diterapkan secara umum, yakni tentukan formula atau rumusnya..
9. Kemudahan bertransaksi, selain harga jual, kemudahan pembayaran juga merupakan daya tarik bagi calon pelanggan. Apalagi di era digital sekarang.
10. Buatlah list variasi yang beragam, susunlah list produk yang akan di tawarkan sehingga anda bisa mempromosikannya dalam selebaran dan memperlihatkannya pada calon pelanggan yang berkunjung.
Semakin banyak pilihan variasi produk,
pelanggan akan semakin tertarik untuk mencoba berbagai macam produk.
11. Menentukan karyawan, jika bisnis yang dijalankan memproduksi dalam jumlah besar, maka tentunya akan membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mendukung kelancaran bisnis. Usahakan pilih karyawan yang
memiliki keahlian di bidangnya.
Jika anggaran belum mengijinkan untuk mempekerjakan karyawan, cobalah meminta bantuan saudara dekat atau tetangga yang memiliki banyak
waktu senggang. Rekrutlah beberapa karyawan secukupnya, sesuai
dengan porsi kebutuhan anda.
12. Desain tempat bisnis yang tepat, Pilihan tempat yang strategis, penataan tempat yang dibuat khas seperti penempatan meja, tempat duduk untuk para konsumen, penempatan perlengkapan, hal ini juga bisa menjadi strategi pemasaran yang tepat.
13. Anda bisa membuat atau menciptakan ciri khas kemasan dan unik.
14. Bangun dan perluaslah jaringan, salah satu senjata yang bisa menarik calon pelanggan baru. Jaringan dapat diperoleh dari mana saja misalnya, murid yang sedang dibimbing, tetangga di sekitar lokasi usaha, keluarga tim atau karyawan, atau koneksi yang lain.
Jangan ragu-ragu untuk membicarakan usaha anda kepada siapa saja yang anda anggap potensial untuk menjaring calon pelangan baru.
Anda juga dapat membangun, mencari komunitas-komunitas yang berhubungan dengan bisnis Anda, mencari komunitas di sekitar anda.
Cari dan temukan komunitas yang ada di sekitar anda dan yang belum disentuh ( belum dimiliki oleh kompetitor). Komunitas tersebut bisa
berupa komunitas besar ataupun kecil dilihat dari jumlah anggotanya atau komunitas bisa berarti orang – orang yang menggemari sesuatu.
Anda bisa membuat atau merangkul komunitas pecinta motor, komunitas, penggemar mobil tua, blogger dan lainnya
Jika Anda sudah menemukan komunitas, segera untuk melakukan pendekatan untuk memperoleh informasi.
Informasi yang harus anda peroleh adalah tentang suasana seperti apa yang disukai, senang dalam hal apa, bagaimana perilaku mereka jika berkumpul, kegiatan apa yang sering dilakukan dan lain sebagainya.
Informasi tersebut berguna bagi anda untuk menentukan strategi promosi yang sesuai dengan keinginan mereka.
15. Membuat event-event khusus
Anda bisa membuat kegiatan rutin yang sesuai dengan keinginan
komunitas anda, karena kegiatan ini berguna untuk mengajak mereka
untuk berkumpul dan menikmati cafe anda.
16. Membuat website, bisnis apapun juga bisa dipasarkan melalui website untuk mempromosikan produk melalui media online.
Dengan website maka peluang pasar yang ditawarkan media internet, tidak hanya membantu anda untuk mempromosikan produk maupun bisnis di pasar lokal. Namun juga mempermudah anda untuk menjangkau pasar nasional maupun internasional.
17. Mobile marketing, saat ini tidak hanya media internet saja yang dapat anda manfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk.
Mobile marketing atau pemasaran melalui telepon selular menjadi salah satu alternatif para pelaku pasar untuk memperkenalkan bisnisnya kepada masyarakat luas.
18. Alternatif berpromosi media lainnya adalah radio. Beriklan melalui radio mungkin sudah tidak se efektif pada jaman dahulu, namun bisa jadi masih bermanfaat terutama dalam menjaring
target pasar lokal.
Media lain yang dapat digunakan sebagai sarana promosi adalah iklan individual. Iklan individual ini adalah sarana beriklan yang paling tradisional di mana iklan dilakukan dengan cara mempromosikan bisnis dari mulut ke mulut.
19. Mengikuti pameran pendidikan atau pun event bursa kerja. Umumnya pameran pendidikan akan dipadati oleh calon pelajar/mahasiswa, begitu pula halnya dengan bursa kerja yang dipadati para pencari kerja. Bukan tidak mungkin bila banyak di antara mereka
yang nantinya membutuhkan produk yang anda tawarkan.
Di sini fungsi brosur mengambil peran penting. Desain brosur Anda
sebagus mungkin dengan informasi yang jelas tentang bisnis yang ditawarkan. Sertakan pula untuk menyantupkan alamat kontak dan nomor telepon sangat perlu supaya anda dapat dihubungi kapan saja sehingga pelanggan bisa memesan tanpa harus kerepotan atau merasa kesulitan untuk menghubungi anda
20. Buatlah tim pemasaran. Anda bisa membuat tim pemasaran yang kuat dan dapat menjalankan strategi-strategi pemasaran anda. Berikan edukasi dan prosedur yang standar sehingga mereka bisa jalankan. Buatlah strategi aliansi pemasaran yang menarik dengan produk atau usaha lain yang sudah maju.
21. Pelayanan cepat, responlah dengan cepat atas semua pertanyaan, permintaan dan lainnya yang masuk secara online agar mereka mengetahui bahwa anda bisa dihubungi secara online dapat dipercaya.
22. Anda harus jujur, karena Jujur adalah bagian terpenting dari suatu penjualan, dengan kejujuran pembeli bukan sekedar membeli produk anda. Namun juga akan memberitahukan kepada orang-orang di sekitarnya, dengan begitu, akan terjadi efek viral secara alami.
23. Dekat dengan pengunjung. Baik penjualan offline maupun online, anda harus mampu dekat dengan pengunjung. Anda harus bisa melakukan interaksi di blog anda sekalipun belum bertatap muka, para pengunjung akan merasa kenal baik dengan anda. Dan saat kenal itulah, segalanya akan terasa lebih gampang bagi anda.
24. Perlihatkanlah Testimoni, karena sangat penting untuk menunjang bisnis anda, dengan testimonial maka banyak pengunjung website anda yang akan percaya dengan apa yang anda pasarkan. Namun jangan membuat testimonial palsu, pastikan setiap pengunjung yang datang pada website anda.
Testiminial ini cukup efektif untuk menarik minat pengunjung website untuk go action membeli tiket pada anda.
25. Pemasaran dengan Iklan video.
Video pemasaran saat ini merupakan strategi manajemen marketing yang menjadi favorit di kalangan pebisnis online.
Selain memberi dampak yang lebih besar dibandingkan iklan tertulis, video yang diunggah ke situs seperti YouTube membuat anda mampu melacak minat calon konsumen dengan melihat jumlah pengunjung, jumlah mereka yang suka dan tidak suka serta komentar yang masuk.
26. Berikan konsultasi gratis, kadang konsumen sering bertanya seputar apa yang anda jual, untuk meningkatkan penjualan dan menarik lebih banyak konsumen, anda bisa memberikan konsultasi gratis kepada mereka seputar apa yang anda jual. Berikan beberapa masukan tentang apa yang konsumen keluhkan dan akan lebih baik lagi anda memberikan tips.
27. Potongan harga, berikan potongan harga pada event – event tertentu seperti pada saat grand opening bisnis anda atau pada saat ulang tahun usaha tersebut. Selain itu anda juga dapat memberikan paket harga khusus pada saat hari – hari terttentu, misalnya memberikan harga paket keluarga di hari – hari liburan, maupun hari raya seperti lebaran, atau tahun baru.
Dengan adanya potongan harga menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk berkunjung ke tempat bisnis anda. Anda dapat menggunakan brosur, pamflet, ataupun spanduk
untuk mempromosikan potongan harga yang ditawarkan usaha anda.
28. Buatlah nama bisnis yang unik. Anda bisa membuat nama dagangan yang menarik dan unik, tulis nama tersebut dengan warna dan tampilan yang menarik mata pembeli pada tempat usaha anda sebagai ciri khas, sehingga kelak pelanggan akan mudah menemukan lokasi bisnis anda.
29. Membuat relasi yang banyak, semakin banyak relasi anda maka akan semakin banyak juga kesempatan terjadinya transaksi jual beli yang menguntungkan bagi anda.
Setelah itu jaga kepercayaan relasi anda, jangan sampai ada relasi yang kecewa terhadap anda. Pilihlah relasi yang tepat untuk usaha anda. Bila suatu saat anda membutuhkan jasa mereka, anda tidak akan mengalami kesulitan.