7 Cara Sembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

Cara menurunkan asam urat tanpa obat barangkali jadi urusan yang sangat sering terpikirkan oleh penderita asam urat.

Pada 2015, Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, prevalensi penyakit asam urat di Indonesia guna usia di bawah 34 tahun sebesar 32 persen. Sedangkan, guna mereka yang di atas 34 tahun, terdapat 68 persen.

Selama ini, ketika asam urat pulang berulah, obat dapat jadi penolong. Obat yang dipakai untuk menanggulangi asam urat terdapat dua jenis, yakni obat pereda nyeri NSAID atau kolkisin.

Untuk menurunkan kadar asam urat, dokter seringkali akan meresepkan obat ini.
Bila kita ingin teknik lain untuk menanggulangi kambuhnya asam urat, sebetulnya ada teknik di luar pemakaian obat-obatan. Adapun teknik menurunkan asam urat tanpa obat yang disarankan oleh dokter, antara lain:

1. Jauhi Makanan yang Mengandung Purin Tinggi

Makanan tinggi purin dapat menambah kadar asam urat pada tubuh. Jenis makanan tinggi purin yang mesti Anda hindari, yakni jeroan (hati, otak), daging merah, seafood, emping (emping), produk susu, kol, serta kacang-kacangan.

Saat masalah telah beres, pantangan yang satu ini mesti dipatuhi guna seterusnya.

Orang yang telanjur punya masalah asam urat memang wajib memberi batas asupan makanan tinggi purin. Minuman beralkohol laksana bir dan beda sebagainya pun harus dikurangi.

2. Hindari Minuman Manis

Mengonsumsi minuman manis tak hanya hanya sehubungan dengan diabetes. Minum minuman manis secara berlebihan pun akan menambah risiko asam urat.

Di samping itu, minuman tersebut pun dapat akan mendongkrak berat badan sebab menambahkan pemasukan kalori harian.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Ini barangkali menjadi teknik menurunkan asam urat secara alami yang paling gampang dilakukan. Purin dikeluarkan dari tubuh melewati urine atau air kencing.

Nah, dengan minum air putih yang banyak, ginjal bakal memproduksi urine, lalu menerbitkan purin tersebut ketika Anda buang air kecil.

4. Minum Kopi

Penelitian membuktikan, orang yang minum kopi mempunyai risiko lebih rendah guna mengidap asam urat tinggi.

Wanita yang minum kopi sejumlah satu sampai tiga gelas, bakal terhindar dari asam urat sampai 22 persen dikomparasikan orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Bahkan, perempuan yang minum lebih dari empat gelas, risiko berkurang sampai 57 persen!

Kopi juga berisi mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat, lalu menambah proses pengasingan asam urat melewati urine.

Hal ini pun dapat menangkal asam urat guna mengendap dan merusak tulang serta sendi.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Langkah menurunkan asam urat tanpa obat selanjutnya ialah konsumsi buah dan sayur. Buah atau sayur adalahpemasok serat utama guna tubuh manusia.

Tidak heran, penderita asam urat disarankan untuk santap sayur dan buah sejumlah lima porsi masing-masing harinya.

Makanan yang berisi serat dapat membantu tubuh mengawal kadar gula supaya tetap stabil.

Serat pun membantu menjaga rasa kenyang, sampai-sampai pengidap asam urat terhindar dari perilaku santap berlebihan. Pada akhirnya, jumlah purin yang masuk ke tubuh menjadi lebih rendah.

6. Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental mesti diperhatikan, lagipula bila kita sedang dalam program menurunkan asam urat.

Pasalnya, situasi mental yang tidak stabil, stres, lagipula sampai depresi, dapat merangsang proses peradangan di dalam tubuh.

Peradangan pun adalahsalah satu pemicu asam urat. Beberapa urusan yang dapat dilakukan guna menjaga situasi mental supaya tetap stabil, misalnya lumayan istirahat dengan istirahat paling tidak 8 jam masing-masing malam, olahraga teratur, meditasi, dan mengerjakan hobi/aktivitas yang menyenangkan.

7. Mengonsumsi Vitamin C Secukupnya

Selama ini, vitamin C erat sekali kaitannya dengan merawat daya tahan tubuh. Padahal, vitamin itu juga berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat!

Sebuah riset yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis Care pada 2011 mendalami soal pemberian vitamin C pada pasien dengan kadar asam urat tinggi.

Hasilnya, mengonsumsi suplemen vitamin C 500 mg masing-masing hari dapat menolong menurunkan kadar asam urat dalam serum darah.

Alasan kenapa Vitamin C alias asam askorbat bisa menurunkan kadar asam ialah dia mempunyai sifat urikosurik. Atau, dapat membantu melemparkan asam urat dari dalam tubuh melewati urine.

Jika hendak mendapatkannya secara alami (bukan dari suplemen), Anda bisa mengonsumsi buah-buahan.

Ingat, maksimal takaran yang dianjurkan ialah 500 mg per hari. Konsumsi lebih dari 2 gram vitamin C dalam sehari dapat memicu laksana nyeri lambung dan diare.

Di samping tips di atas, terdapat pula rempah yang memang terbukti bisa meringankan fenomena asam urat, yakni jahe. Terapi alami pun dapat Anda kerjakan untuk menanggulangi masalah sendi, contohnya dengan terapi garam Epsom.

Anda sudah memahami bermacam teknik untuk menurunkan asam urat secara alami alias tanpa obat. Perlu dikenang bahwa penyakit ini tidak dapat sembuh. Tetapi, kita tetap dapat mengendalikan supaya gejalanya tidak kambuh melulu.

6:30 PM - tanpa komentar