Penuhi Asupan N, P, K Sesuai Kebutuhan Ke 1

Salah satu kunci menemukan hasil tumbuhan yang subur dan sehat ialah dengan meluangkan nutrisi yang sebanding untuk tanah. Unsur-unsur pokok untuk tanaman guna menunjang pertumbuhannya ialah Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K) ketiga bagian ini mesti tersedia supaya tanaman tumbuh sebagaimana harusnya.

Asupan NPK, bilamana tidak terpenuhi pada tanah bakal menimbulkan akibat buruk yang signifikan. Beberapa akibat diantaranya perkembangan tanaman yang terhambat, warna daun menguning, produktivitas rendah sampai gampang terserang hama dan penyakit.

Untuk itulah semua produsen berlomba-lomba dalam upaya untuk mengisi unsur tersebut, baik pupuk kimia maupun pupuk organik. Penggunaan pupuk kimia laksana ammonium sulfat memang mempunyai efek yang cepat diserap tanaman sampai-sampai hasilnya pun cepat dilihat. Namun yang mesti anda ketahui pemakaian yang tidak cocok baik takaran sampai teknik pemakaian yang tidak tepat malah akan merusak ekosistem tanah.

Banyak pupuk kimia yang secara langsung merusak atau memberi akibat racun terhadap organisme tanah, khususnya dalam jumlah yang tinggi zat itu akan berinteraksi dengan bagian lain di dalam tanah yang membuat zat beracun laksana asam sulfat, hidrogen sulfide, dan klorin.

Selain tersebut pupuk kimia pun dapat menambah kadar garam mineral yang mana di dalam tanah mempunyai sifat mencuri persediaan air dari tanaman.

Terdapat faedah pokok di masing-masing unsur itu :

Nitrogen (N)

berfungsi untuk memicu pertumbuhan tumbuhan secara keseluruhan, baik daun maupun batang sebab sejatinya nitrogen adalahpenyusun dari seluruh protein dan asam nukleik.

Fosfor (P)
berfungsi guna pembentukan bunga dan buah, bahan pembentuk inti sel dan dinding sel, mendorong Pertumbuhan akar muda dan pemasakan biji pembentukan klorofil, urgen untuk enzim pernapasan.

Kalium (K)
adalah unsur hara esensial yang dipakai hampir pada seluruh proses guna menunjang hidup tanaman. Petani tidak jarang menyebut bahwa kalium ialah unsur hara mutu, karena dominan pada ukuran,rasa,bentuk,warna dan daya simpan.

Akan namun dengan pemakaian pupuk yang salah bakal membuat situasi unsur itu menjadi tidak cukup dan atau berlebih. Apakah terdapat dampaknya andai unsur tersebut tidak cukup atau lebih untuk tanaman ? Kami akan kupas pada tulisan selanjutnya.

3:41 PM - tanpa komentar