10 Manfaat dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh I Rempah-rempah Pribumi

Indonesia Terpercaya, Sejak dahulu temulawak diandalkan  memiliki pelbagai khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Temulawak dikenal sebagai tumbuhan obat dan secara turun temurun dipakai untuk pelbagai penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.
Temulawak atau nama latinnya Curcuma Xanthorrhiza Roxb adalahtumbuhan yang tergolong dalam famili Zingiberaceae. Di sejumlah daerah tanaman ini dengan dengan nama koneng gede, temu labak, tommo, korbanga dan beda sebagainya. Biasanya tanaman ini agak sulit dipisahkan dengan kunyit sebab memang memiliki kesamaan baik dari umbinya maupun warnanya yang berwarna kuning. Namun temulawak mempunyai ukuran yang agak lebih banyak dan tekstur yang kasar.

Seperti tumbuhan lainnya yang tergabung dalam famili Zingiberaceae, temulawak juga tidak sedikit dikenal sebagai tumbuhan obat sebab berisi zat yang sangat berfungsi untuk tubuh insan yakni minyak astiri dimana didalamnya terdapat sekian banyak  macam zat seperti:

  • Zat xanthorizol
  • Germaken
  • Isofuranogermakren
  • Trisiklin
  • Allo Aromadendren
  • Fellandren
  • Ar-turneron
  • Turmerol
  • Kurkumin
  • Desmetoksokurkumin
  • Zat tepung
  • Kamfer
  • Glikosida
  • Toluyl Metil Karbinol
  • 1-sikloisoprenmyrsen

Zat-zat itu sangatlah diperlukan oleh tubuh insan dan pun mampu mengobati sekian banyak  macam penyakit. Berikut ini sejumlah khasiat dan guna temulawak guna mengobati sekian banyak  macam penyakit dan gangguan kesehatan menyeluruh dengan teknik mengolah temulawak itu menjadi ramuan tradisional. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sakit Maag
Untuk kamu yang memiliki penyakit maag, Manfaat temulawak dapat dimanfaatkan guna meredahkan maag. Cara mengolahnya ialah sebagai berikut: Pertama-tama silahkan ambil dan cuci bersih temulawak, Selanjutnya potong kecil-kecil temulawak tersebut lantas Rebus temulawak, dinginkan dan minum airnya. Dijamin maag kamu perlahan-lahan bakal sembuh

2. Bau Haid
Bagi kaum hawa yang mempunyai masalah dengan bau pada ketika haid, temulawak dapat mengatasi urusan tersebut. Caranya ialah silahkan ambil dan cuci bersih temulawak lantas potong kecil-kecil lantas seduh bareng dengan asam jawa. Jika telah diseduh lantas dinginkan dan minum airnya.

3. Melancarkan BAB
Untuk kamu yang masalah pencernaan dalam urusan ini sulit BAB, maka pemulawak dapat digunakan sebagai ramuan guna melancarkan BAB. Caranya ialah silahkan ambil dan cuci bersih temulawak lantas giling halus bareng dengan biji sesawi. Selanjutnya beri tidak banyak air lantas peras dan minum hasil perasan temulawak tersebut.

4. Memperbanyak ASI
Ternyata temulawak pun mempunyai guna untuk memperlancar ASI. Jadi guna ibu ibu yang merasa tidak cukup ASI dapat menggunakan temulawak. Cara mengolahnya ialah dilahkan cuci bersih temulawak lantas giling. Temulawak yang sudah digiling itu dimasak menjadi bubur bareng dengan sagu. Setelah masak silahkan dimakan seperti santap bubur. Saran 3×1 kapsul per hari sebagai ekstra obat lainnya).

5. Sakit Limpa
Cara mengubah temulawak menjadi obat guna penyakit limpa ialah silahkan cuci bersih 2 buah temulawak bareng dengan 1/2 lengkuas dan daun meniran 1 genggam. lantas silahkan parut temulawak dengan lingkuas. Selanjutnya silahkan rebus seluruh bahan-bahan itu dengan 1 liter air hingga mendidih lantas saring dan minum sehari 1 cangkir.

6. Asma
Untuk kamu yang memiliki penyakit asma, teknik mengolah temulawak menjadi ramuan guna asma ialah silahkan siapkan 1 buah temulawak yang telah diiris-iris lantas keringkan. Temulawak kering tersebut lantas direbus dengan 5 gelas air dan tambahkan gula aren 1 potong. Rebus bahan itu dan perkirakan airnya menjadi 3 gelas lantas angkat dan saring. Selanjutnya silahkan minum air rebusan yang sudah disaring tadi sehari 2 kali dengan dosis 1/2 gelas.

7. Carar Air
Untuk kamu yang terpapar cacar air, teknik mengolah temulawak menjadi ramuan guna mengobati cacar air ialah siapkan 1,5 potong temulawak yang sudah diiris tipis-tipis lantas keringkan. Temulawak yang sudah dikeringkan tersebut lantas direbus hingga mendidih dengan 1 liter air dan tidak boleh lupa tambahkan buah asam 1 tangkai. Setelah mendidih silahkan kamu dinginkan lantas saring dan minum 2 kali sehari dengan dosis 1 cawan setiap kali minum pagi dan malam.

8. Sariawan
Untuk kamu yang memiliki masalah dengan sariawan dapat menggunakan temulawak untuk menanggulangi sariawan tersebut. Cara ialah siapkan dan iris-iris temulawak 1 buah lantas keringkan. Jika telah kering silahkan direbus dengan 2 gelas air dan tidak boleh lupa ditambahkan dengan buah asam 3 mata dan 1 potong gula aren. Jika telah mendidih silahkan diusung kemudian saring dan minum 2 kali sehari sejumlah 1 cangkir.

9. Bau Badan
Anda memiliki masalah dengan bau badan? temulawak dapat menjadi solusi. Cara mengolahnya ialah silahkan tumbuk 1 buah temulawak lantas rebus dengan 1 liter air. Rebusan tersebut lantas disaring lantas minum 2 kali sehari 1 cangkir.

10. Hepatitis
Bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan laksana hepatitis, barangkali temulawak juga dapat menjadi penyelesaian untuk dijadikan ramuan. Khasiat temulawan diandalkan  mampu meredahkan hepatitis. Cara mengolahnya ialah Temulawak 25 gram diiris-iris, diperbanyak air 500 ml, direbus sampai bermukim 300 ml; diminum sepanjang hari. (Saran 3 x 2 kapsul masing-masing hari ) atau, dua jari rimpang temu lawak, diparut, tambahkan ½ cawan air masak dan 1 sendok santap madu. Aduk merata kemudian diperas dan disaring. Minum sehari 2 kali hingga sembuh.

Penutup
Demikianlah ulasan tentang 10 Manfaat dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh I Rempah-rempah Pribumi sekaligus menyeluruh dengan teknik pengolahannya. Semoga tulisan ini dapat berfungsi untuk anda. Sekian dan terma kasih.

5:15 PM - tanpa komentar